Mengapa Saya Tidak Bisa Membuat Swap di VPS Saya?

Mengapa Saya Tidak Bisa Membuat Swap di VPS Saya?

Setelah saya membuat tutorial mengenai Cara Menambahkan Swap di VPS Linux, ada beberapa orang yang menanyakannya kepada saya mengapa mereka mendapatkan error saat mengikuti tutorial tersebut. Mereka mengatakan pesan errornya adalah Operation not permitted. Pertanyaannya sekarang, Mengapa Saya Tidak Bisa Membuat Swap di VPS Saya?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, saya harus sedikit membahas ulang tentang swap. Swap merupakan memory tambahan yang dibuat dari disk server kita. Jadi misalkan kita punya VPS dengan ram 256 MB, Anda bisa menambahkan swap sebesar 512 MB, dengan harapan performa server dapat meningkat. Tetapi terkadang kenyataan berkata lain. Kita justru mendapatkan error seperti ini:

swapon: /swapfile: swapon failed: Operation not permitted

Jika Anda mendapatkan error tersebut, tandanya penyedia layanan VPS Anda melarang Anda untuk membuat swap sendiri pada VPS Anda.  Jadi meskipun Anda mengikuti tutorial menambahkan swap dari referensi manapun, Anda akan tetap mendapatkan pesan error seperti di atas.

Alasan Kita Tidak Bisa Membuat Swap di VPS Kita

Ada beberapa alasan yang membuat Anda tidak bisa membuat swap di VPS Anda. Beberapa alasananya adalah sebagai berikut:

  1. VPS Provider Anda dengan sengaja melarang membuat swap memory dengan tujuan agar Anda upgrade ke paket yang lebih besar. Jadi secara otomatis VPS provider Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar juga.
  2. VPS Provider Anda ingin menjaga performa dari server. Storage/Disk dari server diharapkan memiliki proses I/O yang cepat dan stabil. Apabila banyak yang menggunakan storage VPS untuk keperluan swap secara instentif dan eksploitatif, maka performa dari storage/disk server akan menurun. VPS provider pasti tidak ingin performa dari server utama mereka turun karena pemanfaatan swap oleh user
  3. VPS Provider Anda ingin menjaga durability/keawetan dari server. Pemanfaatan storage server untuk swap akan menurunkan lifespan dari hardware server. Hal ini disebabkan karena swap dapat dikatakan sedikit mengeksploitasi storage server (banyak proses I/O)
  4. VPS yang Anda gunakan mempunyai virtualisasi OpenVZ dengan kernel versi lama. Untuk VPS dengan virtualisasi OpenVZ, swap umumnya sudah ditentukan oleh penyedia layanan VPS Anda. Anda tidak bisa membuat swap Anda sendiri.

Solusi Dari Kita Tidak Bisa Membuat Swap di VPS

  1. Coba hubungi VPS provider melalui support ticket atau media komunikasi lainnya. Coba jelaskan alasan dan tujuan Anda ingin membuat swap pada VPS Anda. Coba konsultasikan secara baik-baik. Bisa saja VPS provider menerima alasan Anda dan mengizinkan pembuatan swap khusus di server Anda
  2. Upgrade ke paket yang lebih besar. Dengan demikian Anda akan mendapatkan RAM/Memory server yang lebih besar pula. Memang Anda harus mengeluarkan uang lebih lagi, tetapi mau bagaimana lagi jika ini satu-satunya solusi yang harus dijalani 🙂

Demikianlah penjelasan dan jawaban dari pertanyaan “mengapa saya tidak bisa membuat swap di VPS saya?”. Semoga penjelasan dan solusi di atas dapat memberikan wawasan tambahan bagi Anda. Apabila Anda mempunyai komentar, solusi lain, atau pertanyaan lain, Anda dapat tanyakan melalui kolom komentar di bawah.

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

Leave a Reply