Cara Mengganti Default Directory Saat Login ke Server Melalui SSH

Cara Mengganti Default Directory Saat Login ke Server Melalui SSH

Saat kita login ke server/VPS melalui SSH, kita secara default akan berada pada directory /root/. Ini merupakan kondisi default dari mayoritas sistem operasi linux. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengganti default directory saat login ke server melalui SSH ke direktori yang Anda inginkan.

Sangat mungkin bagi kita untuk mengubah directory default ini sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya  Anda ingin masuk ke direktori /home/ saat login. Idenya adalah  dengan cara sedikit memodifikasi file profile atau bashrc dari server kita. Kemudian kita masukkan direktori yang kita inginkan. Oke langsung saja kita bahas caranya.

Cara Mengganti Default Directory Saat Login ke Server Melalui SSH

  1. Login ke server kita melalui SSH.
  2. Edit konfigurasi startup script dari server kita. Di sini ada 2 jenis modifikasi yang bisa kita lakukan, yaitu untuk Per User atau untuk Global User. Yang dimaksud per user adalah kita mengganti default directory hanya untuk user root (atau user yang sedang kita gunakan untuk login). Sedangkan  yang dimaksud Global User adalah kita mengganti default directory untuk semua user yang ada di dalam VPS.
    Untuk Per User:

    nano ~/.profile

    Untuk Global User:

    nano ~/.bashrc
  3. Arahkan kursor hingga ke bagian paling bawah dari file tersebut, lalu tambahkan kode berikut:
    cd /direktori/yangdiinginkan/

    Simpan konfigurasi dengan cara menekan tombol CTRL + X, Tekan Y, Lalu Enter.
    Penjelasan:
    Tulisan tersebut mempunyai arti bahwa setiap kali user login, maka dia akan diarahkan ke direktori /direktori/yangdiinginkan/
    Anda dapat mengganti /direktori/yangdiinginkan/ dengan direktori yang Anda inginkan. (Misal ke direktori /var/mail/)
    mengganti default direktori saat login ke server melalui ssh

Selesai! Anda sudah berhasil mengganti direktori default saat login ke server melalui SSH. Untuk mengembalikan ke kondisi semula, Anda harus mengedit kembali file ~/.profile atau ~/.bashrc, dan menghilangkan baris yang baru saja Anda tambahkan (cd /direktori/yangdiinginkan/)

Demikianlah tutorial cara mengganti direktori default saat login ssh. Apabila Anda mempunyai pertanyaan atau komentar, Anda dapat tanyakan melalui kolom komentar di bawah.

 

 

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

Leave a Reply