Clientarea Login
Contact Us
  • SMS/WA:+6289 5030 48170
  • Sales Email:sales [at] hostingtermurah.net
  • FB/Instagram:hostingtermurah

Close Clientarea Login

Login to Clientarea

Cara Melihat History Login di VPS Linux

Cara Melihat History Login di VPS Linux
  • 28
    Feb

Cara Melihat History Login di VPS Linux

Tahukan Anda bahwa sistem server Anda selalu mencatat aktifitas pada server Anda? Salah satu data yang dicatat adalah data history login pada VPS. Nah, pada kesempatan ini saya akan membahas bagaimana cara melihat history login di VPS Linux.

Sistem operasi linux telah dilengkapi dengan sistem logging. OS akan mencatat siapa saja yang telah login ke server kita. Proses logging tidak terbatas pada protocol SSH saja, tetapi juga berlaku untuk protocol lain seperti PPTP VPN, SFTP, Dan sebagainya. Data yang dicatat oleh OS pun dapat dikatakan cukup lengkap. Data tersebut meliputi username, protocol, IP Address, tanggal & waktu akses.

Apabila Anda memiliki server, ada baiknya untuk selalu memeriksa secara rutin siapa saja yang telah login pada server kita. Alasannya adalah faktor keamanan. Karena bisa saja ada user yang tidak Anda kenali telah menyusup masuk dalam server Anda.

Tutorial Cara Melihat History Login di VPS Linux

Melihat User Yang Berhasil Login ke Server

Untuk melihat siapa saja yang berhasil masuk dalam server kita, masukkan perintah berikut:

last

History Login - last

Pada screenshot terlihat daftar user yang telah berhasil login ke dalam server Anda. Di sana terdapat informasi mengenai username, protocol, IP address dan waktu akses.

Melihat User Yang Gagal Login ke Server

Untuk melihat siapa saja yang telah gagal login ke server kita, masukkan perintah berikut:

lastb

History Login - lastb

Terlihat di screenshot bahwa banyak sekali user yang telah gagal masuk ke dalam server (salah password). Hal ini perlu menjadi perhatian khusus jika Anda adalah pemilik server. Karena bisa jadi server Anda sedang jadi serangan brute-force oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab.

Melihat Daftar User SSH & Waktu Akses Terakhir

Untuk melihat daftar user ssh dalam server Anda dan waktu login terakhirnya, masukkan perintah berikut:

lastlog

History Login - lastlog

Di Screenshot terlihat bahwa user SSH yang terakhir digunakan adalah user root & laptop. Karena memang saya menggunakan dua user itu untuk login ke server saya. Sedangkan user-user lainnya adalah user sistem, sehingga statusnya tidak pernah login.

Demikianlah tutorial cara melihat history login di VPS Linux. Semoga tutorial ini dapat menambah wawasan Anda mengenai VPS linux. Setelah membaca artikel ini, semoga Anda dapat menjadi lebih waspada dalam menjaga dan meningkatkan keamanan server Anda. Apabila Anda mempunyai pertanyaan tentang cara melihat history login di VPS linux, Anda dapat tanyakan melalui kolom komentar di bawah.

Share This: