Cara Menampilkan File & Direktori Tersembunyi di Linux

Cara Menampilkan File & Direktori Tersembunyi di Linux

Dalam Linux, terdapat banyak sekali file dan direktori yang tersembunyi yang sering disebut hidden files & directory. Hidden files & directory tersebut umumnya adalah file dan direktori dari sistem operasi linux (system file) yang tidak boleh diedit. Apabila Anda penasaran apa saja isi dari file sistem operasi kita, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menampilkan file & direktori tersembunyi di linux.

Selain system file, Hidden files & directory juga bisa juga berupa file dan direktori yang kita buat. Anda bisa membuat direktori tersembunyi dan membuat file tersembunyi dengan memasukkan command tertentu pada terminal. Untuk tutorial cara membuatnya, Anda dapat menekan link di atas. Oke langsung saja kita bahas bagaimana cara menampilkan file & direktori tersembunyi di linux.

Cara Menampilkan File & Direktori Tersembunyi di Linux

Perintah umum untuk menampilkan daftar file dan direktori pada linux adalah dengan mengetikkan perintah berikut:

ls

Namun jika Anda ingin menampilkan semua file & direktori tersembunyi maupun tidak tersembunyi, Gunakan perintah berikutL

ls -a

Apabila Anda ingin menampilkan file & direktori tersembunyi saja, masukkan perintah berikut

ls -a | grep '^\.'

Perintah-perintah di atas berfungsi untuk menampilkan file dan direktori tersembunyi di linux. Ingat! jangan sembarangan mengedit file-file sistem dari linux yang tersembunyi (hidden file systems). Jika Anda salah mengedit file dari sistem linux tersebut, Anda bisa saja merusak sistem operasi linux anda.

Demikianlah tutorial cara menampilkan file & direktori tersembunyi di linux. Semoga tutorial ini dapat membantu Anda dalam menampilkan file yang tersembunyi di linux. Apabila Anda mempunyai komentar, pertanyaan, atau masukan, Anda dapat tanyakan melalui kolom komentar di bawah.

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

Leave a Reply