Cara Membuat Direktori Hidden di Linux

Cara Membuat Direktori Hidden di Linux

Direktori hidden adalah direktori yang disembunyikan atau direktori yang tidak tampil pada linux. Direktori hidden ini hampir sama dengan Hidden Folders yang terdapat pada sistem operasi Windows.  Oke langsung saja kita bahas bagaimana cara membuat direktori hidden di linux.

Cara Membuat Direktori Hidden di Linux

Pada dasarnya, konsep membuat direktori tersembunyi di linux hampir sama dengan konsep membuat direktori seperti biasanya. Hanya saja ada sedikit modifikasi pada kodenya. Mari kita simak penjelasan dan contoh di bawah.

Untuk membuat sebuah direktori baru yang tersembunyi/hidden di linux, masukkan perintah berikut:

mkdir .direktori_tersembunyi

Perintah tersebut berfungsi untuk membuat direktori hidden baru yang bernama direktori_tersembunyi. Anda dapat mengganti kata direktori_tersembunyi dengan direktori baru yang Anda inginkan
Perhatikan tanda titik (.) pada perintah di atas. Tanda titik menyatakan bahwa direktori tersebut adalah direktori hidden atau direktori tersembunyi

Untuk membuat banyak hidden direktori sekaligus, masukkan perintah berikut:

mkdir .dir1 .dir2 .dir3

Perintah tersebut akan membuat direktori hidden dengan nama dir1, dir2, dan dir3. Anda dapat mengganti tulisan dir1, dir2, dan dir3 dengan direktori baru yang ingin Anda buat.

Untuk membuat direktori bersarang di linux, masukkan perintah berikut:

mkdir .dir_induk/dir_anak

Perintah tersebut akan membuat direktori rangkap/direktori bersarang. Pada kasus di atas, dir_induk adalah hidden direktori, sedangkan dir_anak bukanlah hidden directory.

Apabila Anda ingin dir_anak juga merupakan hidden directory, maka perintahnya harus dimodifikasi seperti berikut:

mkdir .dir_induk/.dir_anak

Apabila Anda sudah mempunyai direktori dan Anda ingin mengubahnya menjadi direktori tersembunyi, masukkan perintah berikut:

mv dir_saya .dir_saya

Perintah tersebut akan merubah direktori dengan nama dir_saya menjadi direktori hidden. Ganti dir_saya dengan nama direktori yang ada dalam server Anda.

Perbedaan Direktori Biasa dengan Direktori Hidden di Linux

Pada dasarnya baik direktori biasa dan direktori hidden sama-sama merupakan direktori dalam sistem operasi linux. Namun perbedaannya direktori hidden tidak akan tampil jika Anda mengetikkan perintah ls pada terminal. Anda harus menambahkan opsi -a atau --all agar direktori hidden tersebut dapat tampil di terminal.  Jadi itulah perbedaan antara direktori biasa dengan direktori hidden di linux.

 

Demikianlah tutorial cara membuat direktori hidden di linux. Semoga tutorial dan penjelasan ini dapat menambah wawasan Anda. Apabila Anda mempunyai pertanyaan, kritik, atau komentar tentang artikel ini, Anda dapat tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

2 thoughts on “Cara Membuat Direktori Hidden di Linux

    Leave a Reply