Clientarea Login
Contact Us
  • SMS/WA:+6289 5030 48170
  • Sales Email:sales [at] hostingtermurah.net
  • FB/Instagram:hostingtermurah

Close Clientarea Login

Login to Clientarea

Cara Membuat File Tersembunyi Di Linux

Cara Membuat File Tersembunyi Di Linux
  • 25
    Feb

Cara Membuat File Tersembunyi Di Linux

Kita dapat membuat file tersembunyi di linux agar tidak mudah dilihat orang. Anda juga dapat menyembunyikan file yang Anda miliki di linux. Penasaran? Pada kesempatan ini saya akan bahas bagaimana cara membuat file tersembunyi di linux & bagaimana cara menyembunyikan file di linux.

Pada dasarnya file tersembunyi di linux sama dengan hidden files di Windows. Tujuan kita menyembunyikan file di linux adalah agar file kita tidak mudah ditemukan oleh orang. Selain itu, dengan menyembunyikan file di linux, kita mencegah hal-hal buruk dari kecerobohan kita, misalnya tidak sengaja menghapus file tersebut atau secara tidak sengaja mengedit files tersebut.

Prinsip membuat file tersembunyi (hidden files) di linux sama dengan prinsip pembuatan direktori tersembunyi di linux. Kita harus menambahkan tanda titik (.) tepat sebelum nama file agar dapat merubah file tersebut menjadi file tersembunyi.

Cara Membuat File Tersembunyi Di Linux

Untuk membuat sebuah file tersembunyi di linux, gunakan perintah berikut:

touch .file_baru

Perintah tersebut mempunyai arti bahya kita membuat file tersembunyi dengan nama file_baru. Anda dapat mengganti tulisan file_baru dengan nama file yang anda inginkan.

Apabila Anda ingin membuat banyak file tersembunyi sekaligus, gunakan perintah berikut ini

touch .file_1 .file_2 file_3

Perintah di atas akan membuat file tersembunyi dengan name file_1, file_2, dan file_3. Anda dapat mengganti nama file_1, file_2 dan file_3 dengan nama file yang Anda inginkan,

Sekarang jika Anda sudah mempunyai file dan anda ingin menyembunyikan file tersebut, maka perintahnya adalah

mv file_anda .file_anda

Perintah tersebut akan merubah file yang bernama file_anda menjadi hidden files atau file tersembunyi.

Pada dasarnya prinsip hidden directory dan hidden files di linux adalah sama, yaitu dengan menambahkan tanda titik (.) sebelum nama file. Penambahan tanda titik ini membuat file anda tidak tampak saat dilakukan listing file menggunakan perintah ls.

Demikianlah tutorial cara membuat file tersembunyi Di linux. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda tentang linux. Apabila Anda mempunyai pertanyaan tentang bagaimana cara menyembunyikan file di linux, Anda dapat tanyakan melalui kolom komentar di bawah.

Share This: