Tutorial Cara Install & Menggunakan Nano Text Editor pada VPS Linux

Tutorial Cara Install & Menggunakan Nano Text Editor pada VPS Linux

Belajar VPS tidak lengkap rasanya jika Anda belum mengutak-atik konfigurasi dari VPS Linux itu. Namun kita terkadang kurang nyaman dengan penggunaan text editor vim bawaan sistem OS linux. Namun tenang, nano text editor dapat menjadi alternatifnya! Pada kesempatan ini saya akan memberikan Tutorial Cara Install & Menggunakan Nano Text Editor pada VPS Linux.

Apa Itu Nano Text Editor?

Nano adalah suatu software text editor untuk sistem operasi Linux yang dilisensikan di bawah GNU General Public License (GPL). Mudahnya nano dapat diibaratkan seperti software Notepad pada sistem operasi Windows. Nano berjalan dalam sistem CLI linux dan dapat diakses melalui terminal.

Mengapa Harus Menggunakan Nano Text Editor?

Banyak kelebihan dari nano text editor dibandingkan text editor lawas seperti vim. Pertama, nano text editor jauh lebih mudah digunakan dibandingkan text editor linux lainnya. Kedua, nano text editor merupakan text editor sederhana sehingga banyak orang awam lebih memilih text editor ini dibandingkan text editor lain.

Selain itu, nano merupakan text editor linux yang paling banyak digunakan. Hampir semua tutorial tentang linux menggunakan nano sebagai text editor untuk mengedit config-config server. Oleh karena itu sudah selayaknya jika kita menginstall nano pada VPS kita.

Cara Install Nano Text Editor Pada linux

Untuk menginstall nano text editor sangatlah mudah. Karena nano text editor sudah masuk dalam daftar repository pada mayoritas sistem operasi linux. Berikut adalah cara install nano text editor:

  1. Login ke VPS melalui SSH hingga muncul tampilan terminal SSH
  2. Masukkan perintah berikut:
    Untuk VPS Linux/Ubuntu/Debian:

    apt-get -y install nano

    Untuk VPS Centos/Redhat:

    yum -y install nano
  3. Selesai! Anda telah berhasil menginstall nano pada VPS Anda. Mudah bukan?

Cara Menggunakan Nano Text Editor Pada linux

Untuk menggunakan nano sangatlah mudah. Misalkan kita ingin membuat file baru yang bernama contohfile.txt, kita hanya perlu memasukkan perintah berikut:

nano textfile.txt

nano text editor - new file
Dengan cara yang sama juga jika dapat  mengedit file/text yang sudah ada. Misalkan kita ingin mengedit konfigurasi openssh yang terletak di /etc/ssh/sshd_config, kita hanya perlu memasukkan perintah berikut:

nano /etc/ssh/sshd_config

nano text editor - edit file
Setelah itu kita dapat mengedit isi dari file-file tersebut seperti layaknya Notepad pada Windows. Namun bedanya di nano, anda tidak akan melihat tampilan GUI. Hal yan perlu diperhatikan adalah di nano anda harus menggunakan shortcut untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu.  Untuk melihat semua shortcut yang dapat kita gunakan, tekan tombol CTRL + G

nano text editor - shortcut list

Shortcut Yang Sering Digunakan di Nano

Karena nano text editor bersifat CLI, maka untuk mengedit text Anda harus menghafal beberapa shortcut yang berfungsi untuk mengedit text. Beberapa shortcut yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

  • Ctrl + F dan Ctrl + B : Menggerakkan kursor kanan – kiri. Ctrl + P dan Ctrl + N : Menggerakkan kursor atas-bawah. Selain itu anda juga bisa mengugnakan kursor pada keyboard.
  • Ctrl + A dan Ctrl + E : Memindahkan kursor ke awal dan akhir baris.
  • Ctrl + Y dan Ctrl + V: Pindah ke bawah/atas halaman. Seperti fungsi Page Up dan Page Down pada keyboard.
  • Ctrl + O : Menyimpan/write file yang telah kita edit
  • Ctrl + X : Keluar dari text editor nano
  • Ctrl + K : Cut text
  • Ctrl + U : Menyisipkan hasil cut. Mirip seperti paste.
  • Ctrl + W: Mencari text dari file. Seperti fungsi Find pada Notepad
  • Ctrl + K : Menghapus satu baris tepat di posisi kursor berada.
  • Ctrl + D : Menghapus karakter di belakang kursor. Bisa juga dilakukan dengan menggunakan tombol delete.

Demikianlah tutorial cara install & menggunakan nano text editor pada VPS linux. Semoga tutorial ini dapat menambah wawasan Anda dalam menggunakan nano text editor di VPS linux. Apabila Anda mempunya pertanyaan mengenai tutorial cara install & menggunakan nano text editor pada VPS linux, Anda dapat menanyakannya melalui kolom komentar di bawah.

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

Leave a Reply