Cara Mengakses FTP Hosting Dengan FileZilla

Cara Mengakses FTP Hosting Dengan FileZilla

Halo, kali ini saya akan membahas tutorial cara mengakses FTP hosting Dengan Filezilla. FTP adalah File Transfer Protocol. FTP berfungsi untuk transfer data yang ada di komputer Anda ke server hosting, dan sebaliknya. FTP menggunakan protokol TCP dalam proses pertukaran data.

Setiap hosting provider pasti menyediakan akses FTP kepada clientnya. Informasi tentang akses FTP umumnya dikirimkan melalui email. Informasi tersebut meliputi IP server, username, dan password FTP.

Mengapa Saya Perlu Mengakses FTP Hosting?

Pasti ada beberapa dari Anda yang bertanya-tanya mengapa harus mengakses FTP Hosting? Apa manfaat dari mengakses FTP Hosting? Bukankah kita bisa menginstall website melalui softaculous?

Memang benar setiap cPanel umumnya telah dilengkapi Softaculous sehingga Anda dapat menginstall website (WordPress, Drupal, Dsb) melalui Softaculous. Selain itu cPanel juga dilengkapi file manager yang berfungsi seperti FTP. Tetapi fitur-fitur tersebut tentu tidak selengkap FTP.

Dengan FTP, Anda dapat mendownload semua file pada server hosting dengan lebih mudah & cepat (Misalnya saat Anda ingin membackup Website Anda). Selain itu Anda akan lebih mudah mengupload file-file baru ke hosting, misalnya untuk mengupload plugin WordPress. Anda juga akan lebih mudah mengedit file-file PHP, CSS, atau javascirpt pada hosting Anda.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial Cara Mengakses FTP Hosting Dengan FileZilla. Filezilla adalah software FTP berbasis Windows yang cukup terkenal. Saya pribadi cukup puas menggunakan software Filezilla.

Cara Mengakses FTP Hosting Dengan FileZilla

  1. Download & Install FTP FileZilla untuk Windows. Link download dapat dilihat di: https://filezilla-project.org/download.php
  2. Pastikan Anda mempunyai informasi akses FTP hosting Anda. Informasi tersebut meliputi: Host/IP, Username & Password. Informasi ini biasanya dikirimkan melalui Email oleh Hosting Provider.
  3. Buka software FTP filezilla yang telah diinstall. Isikan data berikut:
    Host: Isikan dengan host FTP
    Username: Isikan dengan username FTP
    Password: Isikan dengan password FTP
    Port: 21
    (Umumnya username & password FTP sama dengan username & password cPanel Anda. Host FTP adalah ftp.domainanda.com)
    Cara Mengakses FTP Hosting Dengan FileZilla - step 1
  4. Klik tombol QuickConnect. Tunggu hingga koneksi berhasil.
  5. Disini Anda akan melihat 3 tampilan jendela. Sisi kiri, sisi kanan & sisi tengah. Penjelasannya adalah sebagai berikut:
    Jendela kiri: Menampilkan file-file yang terdapat pada komputer Anda
    Jendela Kanan: Menampilkan file-file yang terdapat pada server hosting Anda
    Jendela Bawah: Menampilakn file-file yang sedang dalam proses transfer baik upload/download.
    Cara Mengakses FTP Hosting Dengan FileZilla - step 2
  6. Apabila Anda ingin mengupload file ke Hosting, klik kanan file pada jendela kiri >> klik Upload. Apabila Anda ingin mendownload file ke hosting, klik kanan file pada jendela kanan >> klik Download

Selamat Anda telah berhasil mengakses FTP dengan Filezilla. Semoga tutorial ini dapat membantu Anda untuk mengupload file ke Hosting atau sebaliknya. Apabila Anda mempunyai pertanyaan, Anda dapat menanyakannya melalui kolom komentar di bawah.

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

2 thoughts on “Cara Mengakses FTP Hosting Dengan FileZilla

    Leave a Reply