Cara Menambahkan Plugin WordPress Melalui Plugin Installer

Cara Menambahkan Plugin WordPress Melalui Plugin Installer

Pada kesempatan ini saya akan membahas tutorial cara menambahkan plugin wordpress melalui plugin installer bawaan WordPress. Tutorial ini merupakan request dari beberapa teman saya yang masih baru belajar WordPress. Jadi saya buatkan tutorial singkat ini.

Jadi dalam CMS WordPress, Anda dapat menambahkan plugin tambahan yang bisa ditambahkan pada situs Anda. Plugin di WordPress Community ini sangatlah banyak dan bervariasi. Manfaat dari plugin bisa untuk caching, security-hardening, SEO, atau fitur lainnya. Terdapat 2 cara untuk menambahkan plugin WordPress, yaitu melalui plugin installer bawaan WordPress & melalui FTP.

Kelebihan & Kekurangan Menambahkan Plugin WordPress Melalui Plugin Installer

Banyak sekali kelebihan menambahkan plugin WordPress melalui plugin installer dibandingkan melalui FTP. Kelebihannya diantara lain adalah: proses penambahan & pemasangan yang mudah, Pemasangan lebih cepat, Tidak memerlukan akses FTP, Mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dalam penambahan plugin.

Akan tetapi, penambahan plugin WordPress melalui plugin installer juga mempunyai kekurangan, yaitu Anda tidak dapat menambahkan plugin yang tidak terdapat di WordPress community.

Cara Menambahkan Plugin WordPress Melalui Plugin Installer

  1. Login ke Admin WordPress (wp-admin)
  2. Pada menu sebelah kiri klik menu Plugin >> Add New
  3. Cari plugin yang ingin Anda install dengan mengetikkannya pada kotak pencarian (search)
    Cara Menambahkan Plugin WordPress Melalui Plugin Installer - step 1
  4. Jika sudah menemukan plugin yang diinginkan, tekan tombol Install Now
    Cara Menambahkan Plugin WordPress Melalui Plugin Installer - step 2
  5. Setelah itu tekan tombol Activate
    Cara Menambahkan Plugin WordPress Melalui Plugin Installer - step 3
  6. Selesai! Plugin telah berhasil diinstall & diaktifkan pada situs WordPress Anda
    Cara Menambahkan Plugin WordPress Melalui Plugin Installer - step 4

Demikianlah tutorial cara menambahkan plugin WordPress melalui plugin installer. Setelah Anda menambahkan plugin yang Anda inginkan, Anda dapat mensetting pluginnya. Dalam hal ini tiap plugin mempunyai cara sendiri-sendiri untuk konfigurasinya sehingga saya tidak bisa menjelaskannya di sini.

Semoga tutorial ini dapat membantu Anda dalam pembuatan situs WordPress yang Anda inginkan. Apabila Anda mempunyai pertanyaan, Anda dapat menanyakannya melalui kolom komentar di bawah.

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

Leave a Reply