Cara Mengatasi “Error: Failed to retrieve directory listing” Pada FTP Hosting

Cara Mengatasi “Error: Failed to retrieve directory listing” Pada FTP Hosting

Saat kita membeli hosting, kita akan mendapatkan akses FTP. FTP ini berfungsi untuk memindahkan data dari komputer kita ke server hosting dan sebaliknya. Namun terkadang kita akan menjumpai kendala/error saat hendak mengakses FTP hosting kita. Salah satu kendala yang sering dijumpai adalah error saat “Retrieving directory listing”Saat error, umumnya software FTP kita akan berhenti cukup lama, setelah itu akan muncul tulisan Error: Failed to retrieve directory listing.

Ini adalah contoh log yang muncul pada software FTP FileZilla saat mengalami masalah:

Status: Logged in
Status: Retrieving directory listing...
Command: PWD
Response: 257 "/" is your current location
Command: TYPE I
Response: 200 TYPE is now 8-bit binary
Command: PASV
Response: 227 Entering Passive Mode (103,112,162,147,226,119)
Command: MLSD
Error: Connection timed out after 20 seconds of inactivity
Error: Failed to retrieve directory listing

Jika anda mengalami hal yang sama, jangan khawatir. Error tersebut tidak disebabkan karena hosting yang bermasalah. Melainkan ada sedikit konfigurasi dari software FTP FileZilla anda yang harus diubah. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan tutorial Cara Mengatasi “Error: Failed to retrieve directory listing” Pada FTP Hosting. Tutorial ini ditujukan bagi pengguna software FTP FIleZilla. Jika Anda belum tahu bagaimana cara menggunakannya, Anda dapat baca tutorial berikut: Cara Mengakses FTP Hosting Dengan FileZilla

Penyebab Error Saat “Retrieving directory listing” Pada FTP Hosting

Pada umumnya, penyebab utama error saat retrieving directory listing adalah firewall dari server. Jika server dari hosting provider anda dilengkapi dengan firewall seperti CSF, Imunify, atau software sejenis lainnya, maka untuk mengakses FTP, IP address Anda harus masuk dalam whitelist firewall server tersebut. Jika IP Anda tidak masuk dalam whitelist firewall, maka Anda tidak dapat mengakses FTP.

Namun sayangnya tidak semua hosting provider menyediakan akses untuk memwhitelist IP Address. Apakah ini berarti Anda tidak bisa mengakses FTP selamanya? Tentu tidak! Anda masih dapat mengakses FTP dengan mengedit sedikit merubah konfigurasi di FileZilla. Berikut adalah caranya

Cara Mengatasi “Error: Failed to retrieve directory listing” Pada FTP Hosting

  1. Buka software FTP FIleZilla
  2. Klik menu File >> Site Manager. Atau Anda juga bisa menekan tombol CTRL + S
  3. Tekan tombol New Site, lalu isikan data sebagai berikut:
    Host: (Isikan dengan alamat domain atau IP server hosting Anda )
    Port: 21
    Protocol: FTP – File Transfer Protocol
    Encryption: Only use plain FTP (insecure)
    Logon Type:
    User: (Isikan dengan username FTP Anda)
    Password: (Isikan dengan password FTP Anda)
    Cara Mengatasi Error Saat Retrieving Directory Listing Pada FTP
  4. Tekan tombol Connect.
  5. Tunggu sampai proses connecting selesai. Anda seharusnya sudah bisa mengakses FTP hosting Anda

Tutorial cara mengatasi “Error: Failed to retrieve directory listing” pada FTP hosting di atas adalah untuk software FileZilla. Jika Anda menggunakan software FTP lain, Anda dapat menyesuaikan konfigurasinya. Pada dasarnya Anda harus menggunakan plain FTP agar tetap dapat mengakses server yang diamankan oleh firewall.

Demikianlah tutorial cara mengatasi “Error: Failed to retrieve directory listing” pada FTP hosting. Semoga tutorial singkat ini dapat membantu Anda yang mengalami kesulitan saat hendak mengakses FTP Hosting. Apabila Anda mempunyai pertanyaan, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah.

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

Leave a Reply