Cara Redirect HTTP Ke HTTPS (SSL)

Cara Redirect HTTP Ke HTTPS (SSL)

Seiring dengan berkembangnya teknologi, SSL telah menjadi kebutuhan umum. Banyak penyedia layanan hosting yang menyediakan SSL Gratis. Saat SSL telah terinstall dalam hosting, maka website anda dapat diakses melalui HTTP maupun HTTPS. Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara memaksa semua pengunjung yang mengakses http diarahkan ke https?  Pada kesempatan ini kami akan membahas cara redirect HTTP ke HTTPS (SSL).

Mengapa Perlu Redirect HTTP Ke HTTPS (SSL)?

Saat kita meredirect HTTP ke HTTPS pada website kita, maka semua pengunjung yang mencoba mengakses website kita dengan menggunakan protocol HTTP akan otomatis diarahkan ke protocol HTTPS. Hal ini tentu sangat penting karena mayoritas dari pengunjung web pasti mengakses web kita melalui protocol HTTP. Sebagai contoh adalah website tokopedia. Seberapa banyak dari Anda yang saat hendak mengakses web tokopedia, Anda mengetikkan https://www.tokopedia.com di address bar browser? Pasti sangat sedikit yang mengetikkan lengkap seperti itu. Mayoritas tentu hanya mengetikkan tokopedia.com di address bar. Saat Anda mengetikkan tokopedia.com di browser, maka browser secara default akan membawa ke protocol http://. bukan https://. Oleh karena itu diperlukan redirect, sehingga semua pengunjung diarahkan ke https.

Dengan mengarahkan semua pengunjung ke HTTPS, maka data pengunjung akan lebih aman. Selain itu, kredibilitas dari website Anda akan meningkat karena website Anda akan terlihat lebih bonafide. Selain itu ada beberapa ahli yang berpendapat bahwa dengan mengarahkan pengunjung ke https dapat meningkatkan SEO dari website Anda.

Cara Redirect HTTP Ke HTTPS (SSL)

  1. Login ke FTP Hosting. Jika anda belum tahu bagaimana caranya, Anda dapat baca artikel berikut: Cara Mengakses FTP Hosting
  2. Masuk ke folder public_html, lalu cari file .htaccess
  3. Klik kanan pada file tersebut, lalu klik view/edit. Edit dengan menggunakan notepad.. Tambahkan syntax berikut di bagian paling atas dari file .htaccess
    RewriteEngine On
    RewriteCond %{HTTPS} off
    RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]

    Penting: Jika pada .htaccess Anda sudah terdapat RewriteEngine On, maka Anda tidak perlu menuliskan RewriteEngine On lagi. Anda cukup menambahkan 2 line terakhir saja.

  4. Jika sudah save file tersebut, lalu upload kembali ke hosting Anda.

Anda telah berhasil meredirect http ke https (SSL). Sekarang semua pengunjung website Anda akan dipaksa untuk mengakses melalui HTTPS. Meski pengunjung mengetikkan HTTP pada address bar, pengunjung akan tetap diarahkan ke HTTPS.

Demikian tutorial cara redirect HTTP ke HTTPS (SSL). Semoga tutorial ini dapat membantu Anda dalam mengarahkan pengunjung ke https. Jika Anda mempunyai pertanyaan, saran, atau masukan, Anda dapat tulis melalui kolom komentar di bawah.

 

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

Leave a Reply