Cara Mengganti Port Webmin

Cara Mengganti Port Webmin

Halo! Beberapa waktu lalu saya mendapatkan pertanyaan dari client kami tentang Webmin. Dia ingin mengganti port default webmin ke port yang dia inginkan. Oleh karena itu saya memberikan tutorial cara mengganti port webmin pada VPS. Tutorial ini dapat digunakan untuk VPS Debian atau VPS Centos.

Jika Anda belum tahu bagaimana cara menginstall webmin, Anda dapat mengikuti tutorial berikut: Cara Menginstall Webmin Pada VPS Debian

Mengapa Saya Harus Mengetahui Cara Mengganti Port Webmin

Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa saya harus mengganti port default webmin? Apa manfaatnya? Apakah ada pengaruhnya bagi server saya?

Secara umum webmin diinstall pada port 10000. Webmin dapat diakses dengan mengetikkan http://ipvps:10000 pada browser. Hampir semua pengguna linux mengetahuinya. Hal ini membuat webmin rawan terkena serangan brute-force oleh hacker karena hacker dapat mengetahui port diinstallnya webmin dengan mudah. Dengan mengganti port webmin pada VPS dengan port yang Anda inginkan, maka kemungkinan hacker dapat menemukan lokasi webmin dapat diminimalisir.

Selain itu, dengan merubah port webmin pada VPS, Anda mungkin akan lebih mudah mengingatnya terutama bagi pengguna awam yang tidak suka menghafalkan port. Anda dapat merubah port webmin dengan angka yang diinginkan, misalnya angka tahun ulang tahun Anda. Yang perlu dipastikan adalah sampai port webmin bentrok dengan service lain.

Oke langsung saja saya bahas tutorialnya. Tutorial ini ditujukan untuk komputer atau VPS dengan OS linux (debian atau centos)

Tutorial Cara Mengganti Port Webmin Pada VPS

  1. Login ke VPS melalui SSH hingga muncul terminal
  2. Buka file konfigurasi webmin. Masukkan perintah berikut:
    nano /etc/webmin/miniserv.conf
  3. Cari tulisan port=10000. Ganti tulisan tersebut menjadi port yang diinginkan.
    Misalkan Anda ingin webmin berjalan di port 2018, ganti tulisan port=10000 menjadi port=2018.
    Cara Mengganti Port Webmin - edit port
    Jika sudah save konfigurasi webmin dengan cara menekan tombol CTRL + X, Tekan Y, lalu Enter.
  4. Restart webmin dengan memasukkan perintah berikut:
    service webmin restart
  5. Selesai! Anda telah berhasil merubah port webmin.
    NB: Apabila Anda ingin dapat mengakses webmin dengan hanya mengetikkan IP VPS, Anda harus mengganti webmin ke port 80. Sebelumnya pastikan port 80 tidak digunakan apache/nginx/squid proxy

Demikianlah tutorial cara mengganti port webmin pada VPS linux. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Apabila Anda mempunyai pertanyaan, Anda dapat tanyakan melalui kolom komentar di bawah.

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

Leave a Reply