Apakah Hosting Unlimited Itu Benar-Benar Unlimited?

Apakah Hosting Unlimited Itu Benar-Benar Unlimited?

Hosting Unlimited telah menjadi tranding bagi kalangan hoster saat ini. Meskipun mahal, banyak pelanggan yang lebih memilih hosting unlimited dibandingkan hosting dengan batasan diskspace tertentu. Namun pertanyaannya adalah Apakah Hosting Unlimited Itu Benar-Benar Unlimited?

Apa Yang Dimaksud Dengan Hosting Unlimited

Hosting unlimited adalah layanan hosting di mana tidak terdapat pembatasan pada penggunaan diskspace hosting. TETAPI, pembatasan dilakukan dengan sistem inodes.

Inodes sendiri merupakan struktur data yang digunakan untuk menyimpan informasi tentang file di hosting. Mudahnya inodes adalah banyaknya file dan folder dalam hosting. Misalkan anda memiliki 20 files dan 20 folder, maka Anda telah menggunakan 40 inodes.

Pada umumnya hosting provider memberikan batasan inodes sebesar 100.000 sampai dengan 750.000. Dengan jumlah 10rb inode, Anda dapat menyimpan file sebanyak:

  1. Pilihan 1: Anda dapat menyimpan file sebesar 1 KB sebanyak 100.000 File. Maka Anda mendapatkan space sebesar 100 MB
  2. Pilihan 2: Anda dapat menyimpan file sebesar 10 KB sebanyak 100.000 File sehingga Anda mendapatkan space sebesar 1000 MB
  3. Pilihan 3: Anda menyimpan file sebesar 10 MB sebanyak 100.000 File. (Bisa dihitung sendiri kan jumlah space yang didapatkan).

Di sini dapat disimpulkan bahwa besar space hosting yang bisa digunakan itu tidak bisa dipastikan karena perhitungannya tidak menggunakan batasan disk space tetapi berdasarkan inodes. Jika Anda memiliki file berukuran besar-besar, maka Anda akan mendapatkan disk space yang besar. tetapi jika file berukuran kecil-kecil, maka Anda akan mendapatkan disk space yang kecil.

Apakah Hosting Unlimited Itu Benar-Benar Unlimited?

Dengan membaca definisi “Hosting Unlimited”  di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa sebenarnya Hosting Unlimited tidak benar-benar unlimited karena hositng unlimited dibatasi dengan jumlah inode.

Tidak hanya itu saja, hosting unlimited juga dibatasi dengan syarat & ketentuan/term of service dari hosting provider. Semua hosting provider pasti menerapkan aturan bahwa hosting unlimited tidak boleh digunakan untuk dijadikan file hosting, image hosting, movie hosting, dan sebagainya. Jadi jika Anda mempunyai web streaming atau web download, Anda tidak boleh menyimpan file atau film pada hosting Anda.

File yang diizinkan masuk ke hosting hanyalah file-file standard website (PHP, CSS, HTML, Javascript dan Gambar yang sudah dicompress). Padahal untuk file-file tersebut berukuran sangat kecil, yaitu kisaran 1-50 KB saja. Misalkan setiap file memiliki rata-rata ukuran sebesar 10 KB, maka sebenarnya sapce yang kita dapatkan hanya sebesar 1 GB saja! (limit 100.000 inodes)

Selain itu, jika Anda membeli hosting unlimited di tempat yang kurang terpercaya, mereka bisa seenaknya melakukan suspend pada account Anda jika dirasa membebani disk space server.

Jadi Apakah Hosting Unlimited Itu Benar-Benar Unlimited? Jawabannya adalah tidak!

Bukti Bahwa Hosting Unlimited Tidak Benar-Benar Unlimited

Mungkin Anda kurang percaya dengan penjelasan di atas. Tetapi saya akan membuktikannya dengan memberikan screenshot term of service dari beberapa hosting provider ternama.

  1. www.ho***.co.id
    Hosting Unlimited Tidak Benar-Benar Unlimited - Hstr
  2. www.k*******.web.id
    Hosting Unlimited Tidak Benar-Benar Unlimited - kha
  3. www.b***.co.id
    Hosting Unlimited Tidak Benar-Benar Unlimited - BN
  4. www.ar******.com
    Hosting Unlimited Tidak Benar-Benar Unlimited - Ard

Jadi hilangkan persepsi bahwa Anda benar-benar mendapatkan disk space dan resource yang unlimited dengan membeli hosting unlimited. Ada batasan-batasan yang tetap harus Anda patuhi selama menggunakan layanan hosting unlimited. Bacalah syarat dan ketentuan / term of service dari hosting provider sebelum Anda membeli hosting.

Pendapat Mereka Tentang Hosting Unlimited?

Saya akan mengutip pendapat dari beberapa orang  tentang hosting unlimited. Kutipan ini saya ambil dari forum-forum tanpa adanya edit, penambahan, atau pengurangan kalimat sedikitpun. (NB: Kutipan ini saya ambil tanpa melakukan izin dari member forum. Jika Anda adalah orang yang kami quote & Anda keberatan, silakan hubungi kami. Kami akan menghapus quote Anda)

Unlimited – Tanpa Batas : Menurut saya ini adalah strategi marketing untuk mendapatkan perhatian calon customer. yang mana kita tahu bahwa di dunia ini tidak ada yang jual harddisk kapasitas unlimited.penggunaan unlimited itu sendiri pun masih di balut dengan ketentuan-ketentuan ketat yang menyempitkan penggunaan unlimited tersebut, seperti : dilarang menjadikan file hosting, dilarang menjadikan image hosting, isi file cPanel wajib berhubungan dengan websiteAlvin Giovanno (Member DWH)
orang indonesia senang banget denger kata unlimited, jadi gampang ketipu…padahal mereka dibatasi sama inodes dan resource CPU, klo lebih dari itu bakal ditendang jauh-jauh sama yang punya hosting….wkwkwkwkMuhammad Adi Saputro (Member DWH)
Pengalaman saya kapok dengan kata UNLIMITED yang sebenarnya LIMITED… Seperti hal nya UNLIMITED Space tapi LIMITED File Usage / Inodes … Karena batasan inodes , hosting tersebut saya udah bayar full 1 tahun tapi akhirnya mubazir (hanya terpakai 1 bulan). Karena inodes ini tidak bisa dikontrol. Beda hal nya dengan kapasitas storage kita bisa hapus. Dan lebih kapoknya lagi pihak hosting sengaja menutup-nutupi limit ini, ya salah satunya commentar saya tentang limit dihapus di fb mereka. Dan ternyata inodes ini agak aneh. Karena limit itu saya hapus semua file lewat cpanel / filemanager nya, sampai tidak ada file tersisa .. ternyata masih berisi banyak inodes (mendekati limit). Akhirnya complain disampaikan, ada session file dan dihapus oleh pihak hosting… dimana saya bingung hapus session file nya harus darimana.. Sayangnya cara marketing seperti ini di halalkan … terutama bagi pemakai yang newbie seperti saya pasti akan terkecoh.Junir Salim (Member DWH)

Apakah Hosting Unlimited Menguntungkan? Apa Pendapat Saya Pribadi Tentang Hosting Unlimited?

Saya setuju dengan beberapa pendapat teman saya bahwa penggunaan kata hosting unlimited adalah salah satu taktik marketing semata. Ini disebabkan karena orang Indonesia suka mendengar kata “Unlimited” tanpa mempelajari lebih syarat dan ketentuan terlebih dulu. Orang Indonesia pasti akan lebih tertarik dengan paket internet unlimited dibandingkan paket internet dengan kuota bukan? Padahal paket unlimited tersebut ada batas FUPnya.

Saya pribadi kurang suka penggunaan kata “Unlimited” untuk hosting unlimited. Karena aslinya hosting unlimited tidak benar-benar unlimited. Saya berikan sedikit pernyataan untuk mengcompare:

  1. Hosting dengan jumlah inode tidak dibatasi & disk space dibatasi. Disebut Hosting Limited
  2. Hosting dengan jumlah inode dibatasi & diskspace tidak dibatasi. Disebut Hosting Unlimited.

Terkesan tidak adil bukan? Yang satu bisa disebut hosting unlimited dan yang satunya lagi (poin 1) disebut hosting limited. Padahal keduanya sama-sama ada batasnya.

Namun saya tidak mengatakan bahwa hosting unlimited adalah sesuatu yang tidak jujur. Selama hosting provider mencantumkan term of service (syarat & ketentuan) tentang hosting unlimitednya dan memastikan client sudah membacanya, maka dapat dikatakan hosting provider tersebut jujur.

Saya pribadi mempunyai pengalaman tidak enak saat menggunakan hosting unlimited. Saat itu hosting provider saya tidak mencantumkan term of service dari layanan hosting unlimitednya. Saat penggunaan space saya sekitar 2 GB, tiba-tiba hosting saya disuspend dan tidak diberikan pengembalian uang. Padahal harga hosting yang saya sewa lumayan mahal. Sekitar 40.000/bulan.

Di samping itu, menurut saya pribadi penggunaan hosting unlimited dapat dikatakan tidak berguna/useless. Pada umumnya besar disk space yang dibutuhkan untuk website personal hanya membutuhkan space 250-1000 MB saja. Dengan hosting unlimited Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 20.000/bulan. Padahal jika Anda membeli hosting dengan batasan diskspace, paket Hosting sebesar Rp 10.000/bulan saja sudah cukup untuk menampung semua data-data web Anda.

NB: Jika diskspace Anda melebihi 1000 MB untuk satu website, maka perlu dipertanyakan apakah Anda sudah benar-benar mengoptimasi website & gambar pada situs Anda. Karena jika Anda web developer, pasti Anda akan mengcompress gambar sedemikian rupa agar sangat kecil. Tujuannya agar page load berjalan dengan cepat. Sebagai contoh real, Anda dapat mendownload gambar cover dari artikel kami. Dengan ukuran 850x450px, gambar tersebut hanya berukuran +-14 KB saja!

Kesimpulan & Penutup

Dari beberapa penjelasan di atas, maka pertanyaan “Apakah Hosting Unlimited Itu Benar-Benar Unlimited?” dapat terjawab. Jawabanya adalah tidak! Bacalah selalu term of service/syarat dan ketentuan dari hosting provider sebelum membeli hosting unlimited agar anda tidak merasa tertipu.

Itulah sebabnya kami tidak menyediakan layanan hosting dengan embel-embel unlimited diskspace. Kami terbuka & jujur kepada pelanggan tentang batasan diskspace, LVE, dan sebagainya. Apabila Anda membutuhkan hosting berkualitas, Anda dapat mencoba layanan kami pada link berikut:

Demikianlah penjelasan kami tentang unlimited hosting. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan Anda “Apakah Hosting Unlimited Itu Benar-Benar Unlimited?”. Jika Anda mempunyai masukan, saran, atau pendapat, Anda dapat memasukannya melalui kolom komentar di bawah.

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

Leave a Reply