Cara Mencari File di Linux Dengan Cepat

Cara Mencari File di Linux Dengan Cepat

Mempunyai banyak file dan folder menumpuk di linux terkadang menjadi masalah tersendiri. Saat kita membutuhkan file tertentu, bisa saja kita menghabiskan waktu berjam-jam untuk menemukannya. Tetapi tenang, pada kesempatan ini saya akan mengajarkan bagaimana cara mencari file di linux.

Pada kesempatan ini saya akan mengajarkan cara mencari file di linux dengan menggunakan perintah locate. Perintah ini mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan perintah find, yaitu kecepatan pencariannya jauh lebih cepat dan sintaxnya jauh lebih mudah diingat.

Apa sih yang membedakan find dan locate? Perintah locate akan memerintahkan sistem untuk mencari lokasi file dari daftar index yang tersimpan dalam database. Sedangkan perintah find akan menelusuri direktori dan file secara realtime (mirip seperti fitur search pada Windows). Inilah yang membuat perintah find lebih lambat dibandingkan dengan perintah locate.

Cara Mencari File di Linux Dengan Perintah Locate

Sebelum kita memulai mencari file yang kita inginkan, ada baiknya kita mengupdate index file pada database. Caranya cukup mudah yaitu dengan memasukkan perintah berikut:

updatedb

Tunggu hingga proses update index pada database selesai. Apabila Anda tidak pernah melakukan update db, prosesnya bisa mencapai beberapa menit.

Setelah selesai, kita dapat mencari file yang kita inginkan dengan memasukkan perintah berikut:

locate file_yang_dicari

Ganti tulisan file_yang_dicari dengan nama file yang Anda cari. Misalkan anda ingin mencari file dengan nama index.php, maka Anda harus memasukkan perintah locate index.php. Server akan mencari file dengan nama index.php di seluruh direktori server Anda. Cukup mudah dan cepat bukan?

Hasil Search Dari perintah Locate

Sebagai informasi tambahan, Anda dapat melihat data statistik dari database mlocate.db. Data statistik tersebut meliputi jumlah direktori, jumlah files, dan ukuran database. Caranya melihat data statistik dari database adalah dengan memasukkan perintah berikut:

locate -S

Hasil outputnya adalah seperti berikut:

[root@privateserver~]# locate -S
Database /var/lib/mlocate/mlocate.db:
 9031 directories
 86104 files
 4135667 bytes in file names
 1834379 bytes used to store database

Demikianlah tutorial cara mencari file di linux dengan cepat. Semoga tutorial ini dapat menambah wawasan Anda mengenai linux dan dapat membantu Anda mencari file di linux dengan cepat & mudah. Apabila Anda mempunyai pertanyaan atau masukan mengenai artikel ini, Anda dapat tanyakan melalui kolom komentar di bawah.

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

Leave a Reply