Tutorial Membuat Address Bar Berwarna Pada Browser HP

Tutorial Membuat Address Bar Berwarna Pada Browser HP

Halo semua! Pernahkan Anda melihat address bar yang berwarna saat browsing dengan HP Android? Sehingga warna address bar cocok/dengan tema dari website. Ya! website-website ternama pasti memiliki Address bar yang berwarna, misalnya Tokopedia, Detik, Facebook, dan sebagainya. Tetapi apakah Anda sudah tahu cara membuatnya? Jika belum, maka saya akan berikan tutorial membuat address bar berwarna pada browser HP

Apa Manfaat Membuat Address bar Berwarna Pada Browser HP?

Pasti kalian pertanya,tanya mengapa saya harus membuat address bar berwarna? Jawabannya adalah untuk memperindah penampilan. Perubahan warna pada address bar membuat website Anda terkesan lebih proffesional. Website Anda akan terlihat lebih indah karena warna pada browser sesuai dengan warna dari situs Anda. Ini membuat user seakan-akan tidak sedang browsing dengan menggunakan browser.

Tutorial Membuat Address Bar Berwarna Pada Browser HP

Untuk membuat warna pada address bar, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menambahkan kode meta di bawah tepat sebelum syntax penutup </head> pada website Anda.

<meta name="theme-color" content="#333333" />

Anda dapat mengganti #333333 dengan warna HEX yang Anda inginkan. Untuk mendapatkan kode warna HEX, Anda dapat gunakan website HTML Color Picker

Warna yang Anda pilih akan menjadi warna yang tampil pada address bar Anda. Mudah bukan?

Apabila Anda menggunakan WordPress, Anda hanya perlu menambahkan kode tersebut pada file header.php dari child theme situs WordPress Anda. Letakkan tepat sebelum syntax penutup </head>

Tutorial Membuat Address Bar Berwarna Pada Browser HP - code

Mengapa Saya Tidak Berhasil Membuat Address Bar Berwarna Pada Browser HP?

Apabila Anda sudah mengikuti tutorial di atas, tetapi warna Address bar pada browser Anda belum berubah, jangan panik! Ada beberapa alasan yang menyebabkan address bar tidak berwarna.

Penyebab pertama adalah Cache. Jika Anda menggunakan plugin page cache seperti W3totalcache, WPSupercache atau plugin lainnya, pastikan Anda Purge & Remove semua page cache. Cache membuat kode yang Anda masukkan tidak terdisplay.

Penyebab kedua adalah Kompatibilitas. Tutorial mengganti warna pada address bar browser hanya berlaku pada handphone yang memiliki OS Android Lollipop atau versi lebih baru & harus menggunakan browser Google Chrome. Jadi jika Anda mempunyai handphone dengan OS lama, maka tutorial mengganti warna pada address bar browser tidak akan berhasil. Tetapi tutorial mengganti warna pada address bar browser akan tetap tampak jika diakses orang lain.

Demikianlah Tutorial Membuat Anddress Bar Berwarna Pada Browser. Semoga dengan tutorial ini, anda dapat mengganti warna pada address bar browser untuk website Anda. Jika Anda mempunyai pertanyaan, Anda dapat tanyakan pada kolom komentar di bawah.

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

Leave a Reply