Cara Mematikan Mode SSL Webmin

Cara Mematikan Mode SSL Webmin

Halo! Setelah sebelumnya membahas tutorial cara install webmin pada VPS, Pada kesempatan ini saya akan membahas tutorial cara mematikan mode SSL Webmin. Hal ini bertujuan agar webmin dapat diakses tanpa harus menggunakan protocol https (SSL).

Mengapa Saya Perlu Mematikan Mode SSL Webmin?

Setelah Anda melakukan instalasi Webmin pada VPS Anda, Anda mungkin akan mengalami masalah saat hendak mengaksesnya. Anda akan mendapatkan pesar error seperti berikut:

Error – Document follows
This web server is running in SSL mode. Try the URL https://yourdomain.com:10000/ instead.

Error tersebut diakibatkan karena mode SSL Webmin pada VPS Anda aktif. Webmin akan memaksa kita untuk menggunakan protocol https untuk mengaksesnya. Hal ini akan menjadi masalah jika kita tidak mempunyai certificate SSL.

Apabila Anda tidak mempunyai certificate SSL (baik self-sign atau issued external), maka anda akan kesulitan mengakses webmin. Namun jangan khawatir, hal ini dapat diatasi dengan cara mematikan mode SSL Webmin. Oke langsung saja kita bahas tutorial/caranya.

Tutorial Cara Mematikan Mode SSL Webmin

  1. Login ke VPS melalui SSH
  2. Edit konfigurasi Webmin pada VPS. Masukkan perintah berikut:
    nano /etc/webmin/miniserv.conf

    NB: Jika Anda mendapatkan error “-bash: nano: command not found”, berarti anda belum menginstall text editor nano. Ikuti tutorial berikut menginstall text editor nano

  3. Cari tulisan “ssl=1“, ganti menjadi “ssl=0” (tanpa tanda kutip). Setelah itu save konfigurasi dengan menekan tombol CTRL + X, Tekan Y, lalu Enter
    Cara Mematikan Mode SSL Webmin - konfigurasi
  4. Restart webmin dengan memasukkan perintah berikut:
    service webmin restart

Selesai! Anda telah berhasil mematikan mode SSL pada webmin. Sekarang Anda dapat mengakses Webmin dengan cara mengetikkan http://ipvps:10000 pada browser (ganti ipvps dengan IP Address dari VPS atau server Anda). Anda tidak akan lagi melihat error – documents follows / This web server is running in SSL mode.

Demikianlah tutorial cara mematikan mode SSL pada webmin. Semoga tutorial ini dapat menjawab pertanyaan dan memenuhi kebutuhan Anda. Apabila Anda mempunyai pertanyaan atau mengalami kendala saat mematikan mode SSL Webmin, Anda dapat menanyakannya melalui kolom komentar di bawah.

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

Leave a Reply