Apakah Plugin Nonaktif Akan Memperlambat WordPress? Apakah saya harus menghapusnya?

Apakah Plugin Nonaktif Akan Memperlambat WordPress? Apakah saya harus menghapusnya?

Baru-baru banyak yang bertanya kepada saya, mengapa situs WordPress mereka lambat. Lalu mereka bercerita bahwa mereka sebelumnya menginstall banyak plugin. Setelah tidak dipakai lagi, mereka tidak menghapusnya tetapi hanya menonaktifkannya saja. Sekarang pertanyaannya benarkan plugin nonaktif akan memperlambat WordPress? Pada kesempatan ini saya akan menjawab pertanyaan tersebut. Saya akan memberikan penjelasan tentang semua hal di atas.

Apa itu Plugin Nonaktif pada WordPress?

Plugin nonaktif merupakan plugin yang telah didownload dan dimasukkan pada server hosting WordPress Anda, tetapi belum diaktifkan. Plugin nonaktif juga dapat didefinisikan sebagai plugin yang anda matikan setelah Anda gunakan sebelumnya.

Saat anda menginstall plugin melalui wp-admin, WordPress akan secara otomatis mendownload file plugin tersebut ke dalam server hosting WordPress Anda. Agar dapat menggunakannya, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu (Activate). Apabila anda belum mengaktifkannya, maka plugin tersebut dikatakan dalam kondisi nonaktif/Plugin nonaktif.

Apakah Plugin Nonaktif Akan Memperlambat WordPress -1

Selain itu, saat Anda melihat ada plugin yang tidak berguna, lalu anda menekan tombol deactivate. Maka plugin itu juga dikatakan dalam kondisi plugin nonaktif. Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan plugin melalui halaman Plugins pada admin wordpress. Plugin yang aktif akan berwarna biru, sedangkan plugin yang tidak aktif akan berwarna abu-abu (lihat gambar di bawah).

Apakah Plugin Nonaktif Akan Memperlambat WordPress - 2

 

Apakah Plugin Nonaktif Akan Memperlambat WordPress?

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah tidak! Plugin nonaktif tidak akan memperlambat situs WordPress Anda. Untuk lebih jelasnya, saya akan memberikan penjelasan singkat tentang bagaimana Engine WordPress bekerja.

Setiap kali terdapat pengunjung yang membuka situs WordPress, WordPress akan menload semua komponen yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman webpage. Di sini, WordPress hanya akan memanggil plugin-plugin yang aktif saja. Semua plugin yang tidak aktif akan diabaikan oleh WordPress. Dengan kata lain, meski Anda mempunyai puluhan plugin nonaktif pada wordpress Anda, Web anda tidak akan menjadi lambat

Plugin nonaktif hanya diload oleh engine WordPress pada halaman Plugins saja (di WordPress Admin >> Plugins). WordPress akan membaca semua file header dari plugin nonaktif dan akan ditampilkan. Di luar halaman itu, plugin nonaktif tidak akan diload. Jadi kesimpulannya adalah plugin nonaktif tidak akan memperlambat situs WordPress Anda.

Apakah Saya Harus Menghapus Plugin Nonaktif?

Ya! Saya menyarankan Anda untuk menghapus plugin-plugin nonaktif pada WordPress Anda, kecuali jika Anda berencana untuk menggunakan plugin itu lagi dalam waktu singkat.

Terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus menghapus plugin yang tidak aktif. Pertama adalah mengenai diskspace. Meski plugin Anda tidak aktif, plugin Anda tetap membutuhkan disk space dari server Hosting Anda. Coba bayangkan jika Anda punya ratusan plugin nonaktif. Berapa MB yang terbuang sia-sia pada disk space server hosting Anda. Anda tentu tidak ingin disk space server Hosting anda terbuang sia-sia bukan?

Disamping itu, Plugin nonaktif akan tetap mendapatkan update alert dari WordPress. Hal ini tentu saja menggangu karena setiap kali Anda membuka WordPress Admin, Anda terus diminta untuk mengupadte plugin-plugin yang sudah tidak Anda gunakan lagi.

Plugin-plugin nonaktif sebenarnya tidak dipanggil/diload oleh WordPress saat situs diakses. Tetapi, file dan script dari plugin tetap dapat diakses melalui wp-content. Hal ini akan menjadi masalah apabila terdapat celah keamanan pada plugin nonaktif. Plugin nonaktif akan memberikan kesempatan hacker untuk masuk ke dalam situs Anda.

Jadi saya menyarankan Anda untuk menghapus plugin nonaktif apabila Anda sudah berencana tidak akan menggunakannya lagi.

Demikianlah jawaban dari pertanyaan apakah plugin nonaktif akan memperlambat wordpress? Apakah saya harus menghapusnya? Semoga penjelasan kami dapat menambah pengetahuan Anda. Apabila Anda mempunya pertanyaan, Anda dapat tanyakan melalui kolom komentar di bawah

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

Leave a Reply