6 Plugin Cache WordPress Tercepat

6 Plugin Cache WordPress Tercepat

6 Plugin Cache WordPress Tercepat akan menjadi topik bahasan kita kali ini. Saya akan memberikan informasi tentang 6 plugin cache wordpress tercepat berdasarkan pengalaman saya. Semoga semua penjelasan yang akan saya berikan dapat membantu Anda dalam memilih plugin cache yang terbaik

Mengapa Harus Tahu Plugin Cache WordPress Tercepat

Loading website yang lambat akan membuat Anda kehilangan banyak pengunjung web. Berdasarkan penelitian yang ada, rata-rata pengunjung akan meninggalkan website Anda jika web tidak terbuka dalam waktu 15 detik. Hal ini tentu saja sangat merugikan bagi pemilik web karena kehilangan banyak pengunjung.

Selain kehilangan banyak pengunjung, beberapa ahli SEO juga berpendapat bahwa loading web yang lambat dapat menurunkan ranking website di google. Dengan kata lain, web yang lambat akan mendapat ranking yang lebih buruk dibandingkan web yang dapat diakses dengan cepat. Tentu saja tidak menginginkan hal ini. Anda pasti ingin meningkatkan speed webiste Anda. Oleh karena itu sangat penting untuk mempunyai web yang dapat diakses dengan cepat.

Salah satu cara agar dapat meningkatkan kecepatan web, tentu saja Anda harus mempunya hosting yang bagus. Jika Anda belum mempunyai hosting provider bagus, kami menyediakan Hosting Singapore Litespeed yang dapat meningkatkan kecepatan website Anda.

Lihat Produk Kami: Hosting Singapore Litespeed

Selain itu cara lain yang penting untuk meningkatkan kecepatan web adalah melalui caching. Cache dapat meningkatkan kecepatan web hingga 2x lipat. Sayangnya terlalu banyak plugin cache wordpress bertebaran. Hal ini akan menyulitkan orang awam untuk memilih plugin cache wordpress tecepat. Oleh karena itu kami akan bahas 6 plugin cache wordpress tercepat.

Daftar 6 Plugin Cache WordPress Tercepat

Kami akan membahas plugin cache wordpress tercepat dimulai dari ranking terendah hingga ranking yang tertinggi. Pada pengujian ini, kami menggunakan GT Metrix untuk membandingkan kemampuan antar plugin. Semua plugin kami nilai berdasarkan hasil dari perbandingan kecepatan web dengan plugin dengan kecepatan web tanpa plugin. Sebelumnya saya akan melampirkan kecepatan web tanpa plugin.

Pengujian GT Metrix Tanpa Plugin

Oke langsung saja kita bahas 6 Plugin Cache WordPress tercepat berdasarkan pengujian yang kami lakukan. Saya akan membahas 6 plugin cache wordpress tercepat dimulai dari ranking terendah hingga ranking yang tertinggi

6. Comet Cache

6 Plugin Cache WordPress tercepat - Comet Cache

Comet cache adalah plugin caching wordpress yang dahulu dikenal dengan Zen Cache. Proses instalasi comet cache sangatlah mudah dibandingkan plugin cache lainnya. Anda tidak perlu melakukan setting atau konfigurasi apapun. Comet Cache dapat otomatis berjalan saat anda mengaktifkan plugin tersebut. Sistem kerja Comet Cache adalah dengan mencache page serta memberikan memodifikasi server header sehingga objek-objek di website dapat dicache oleh browser

Terdapat dua versi yang disediakan oleh Comet cache, yaitu versi gratis dan versi bebayar. Pada versi gratis, Anda tidak dapat mensetting apapun. Sedangkan pada versi bebayar/versi pro, Anda dapat melakukan konfigurasi lebih dalam. Dengan kata lain, Anda dapat mengoptimasi lebih. Pada mengujian kali ini, kami melakukan pengujian untuk Comet cache versi gratis.

Pada pengujian GT Metrix yang kami lakukan, plugin ini dapat menurunkan page load speed hingga 52.9%. (Score Page Speed GT Metrix: A & YSlow Score: B). Pada pengujian ini, kami tidak menemukan adanya penurunan HTTP Request pada website. Dengan kata lain plugin ini belum mendukung minify dan combine CSS & Javascript.

Pengujian GT Metrix Comet Cache

5. Cache Enabler

6 Plugin Cache WordPress tercepat - Cache Enabler

Cache Enabler adalah salah satu plugin caching wordpress yang cukup terkenal. Plugin ini cukup mudah dikonfigurasi dibandingkan dengan plugin lainnya. Sistem kerja plugin ini adalah dengan membuat web HTML statis dan disimpan pada disk server sehingga dapat mengurangi beban kerja server. Selain itu plugin ini membantu meminify file javascript dan css pada website Anda.

Plugin ini juga membantu mengkompress gambar pada website anda dalam format WebP images. WebP Images adalah format gambar yang dioptimasi khusus untuk web yang dapat menurunkan ukuran/size dari gambar tanpa menurunkan kualitas dari gambar.

Pada pengujian yang kami lakukan, plugin ini dapat menurunkan page load speed hingga 64.7% (Score GT Metrix: A, Yslow: B). Tetapi kami tidak menemukan adanya penurunan HTTP Request, sehingga plugin ini tidak mengcombine javascript & css pada web Anda.

Pengujian GT Metrix Cache Enabler

4. Autoptimize

6 Plugin Cache WordPress tercepat - Autoptimize

Plugin ini adalah plugin yang lebih tepat dikategorikan sebagai plugin untuk mengoptimasi file javascript dan css. Plugin ini berfungsi untuk mengcombine/menyatukan file javascript & css serta meminify/mengecilkan file js dan css pada website Anda. Plugin ini juga mendukung HTTP/2 sehingga web Anda dapat diakses lebih cepat.

Plugin wordpress ini sangat mudah untuk diinstall. Selain itu, Plugin ini juga kompatibel dengan plugin lain seperti WP Super Cache atau Comet Cache.

Pada pengujian GT Metrix, plugin wordpress ini dapat mempercepat website hingga 64.8% (Score GT Metrix: A, Yslow: A). Kami juga menjumpai adanya penurunan HTTP Request sebesar 24%.

Pengujian GT Metrix Autoptimize

3. WP Super Cache

6 Plugin Cache WordPress tercepat - WPSuper Cache

WP Super Cache adalah plugin caching wordpress yang sangat populer. Plugin ini dikembangkan oleh developer bernama Automattic. Plugin ini dapat diinstall secara gratis. Konfigurasi untuk plugin ini juga tidak sulit.

Cara kerja dari plugin ini adalah dengan menghasilkan file html statis dari website WordPress yang pada umumnya dynamic. File html tersebut akan akan digunakan untuk melayani pengunjung website Anda. Hal ini akan menghemat load CPU dan RAM dari hosting karena hosting tidak perlu lagi mengeksekusi script PHP yang relatif berat.

Hasil dari pengujian kami, WP Super Cache dapat meningkatkan kecepatan hingga 67.6% (Score GT metrix: A, YSlow: B)

Pengujian GT Metrix WP Super Cache

2. WP Fastest Cache

6 Plugin Cache WordPress tercepat - WP Fastest Cache
WP Fastest Cache adalah plugin yang sangat populer. Plugin ini hampir sama dengan plugin lainnya, namun dari segi konfigurasi plugin ini dapat dibilang minim. Hanya sedikit konfigurasi yang dapat dilakukan. Untuk mendapatkanf fitur yang lebih, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan. Ya, fitur plugin ini cukup terbatas untuk free version. Namun untuk pro version, sangat banyak fitur tambahan yang akan Anda dapatkan.

Sistem kerja plugin ini sama seperti plugin lainnya yaitu dengan membuat file html statis untuk disajikan ke client. Namun disamping itu, plugin ini juga mendukung minify dan combine file CSS dan javascript sehingga dapat mengurangi HTTP Request.

Berdasarkan pengujian kami, WP Fastest Cache menduduki peringkat kedua. WP Fastest Cache dapat meningkatkan page load speed hingga 67.6% (Score GT metrix: A, YSlow: A)

Pengujian GT Metrix WP Fastest Cache

1. W3TotalCache

6 Plugin Cache WordPress tercepat - W3TotalCache

Plugin ini adalah plugin yang sangat populer di kalangan pengguna wordpress. Plugin ini adalah plugin cache terbaik sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Plugin ini sudah digunakan hingga jutaan pengguna wordpress.

Plugin ini sangatlah rumit dalam konfigurasinya. Kami tidak menyarankan penggunaan plugin ini bagi pemula. Kesalahan dalam setting justru akan memperlambat loading webiste Anda. Kesalahan dalam konfigurasi juga dapat merusak tampilan website Anda. Namun dengan konfigurasi yang tepat, plugin ini adalah monster yang dapat meningkatkan kecepatan website anda berkali lipat.

Berdasarkan pengujian kami, W3TotalCache menduduki peringkat pertama. W3TotalCache dapat menurunkan page load hingga 70.5%. W3TotalCache juga dapat menurunkan size dari webpage hingga 8.8% serta menurunkan http request hingga 24%.

Dari 6 Plugin Cache WordPress Tercepat, Mana yang saya pakai?

Dari 6 plugin cache wordpress tercepat, saya memilih W3TotalCache untuk situs-situs wordpress yang saya buat. Perlu diperhatikan bahwa tidaklah mudah untuk mensetup W3TotalCache dengan tepat. Kami tidak menyarankan W3TotalCache bagi orang awam. Sangat banyak setting yang harus dilakukan untuk mendapatkan komposisi yang pas sehingga web Anda dapat bertambah cepat. Kesalahan setup justru dapat memperlambat website Anda. Bahkan merusak tampilan web Anda.

Jika Anda adalah orang yang suka bereksperimen dan belajar, Anda dapat mencoba menggunakan plugin W3TotalCache ini. Namun jika Anda tidak suka bereksperimen, Anda bisa gunakan plugin lainnya

Kesimpulan

Demikianlah review dan pengujian kami tentang plugin cache wordpress tercepat. Berdasarkan pengujian yang kami lakukan, kami menemukan bahwa W3TotalCache menduduki peringkat pertama, WP Fastest Cache menduduki peringkat kedua, dan WP Super Cache menduduki peringkat ketiga.

Semoga penjelasan kami tentang 6 plugin cache wordpress tercepat dapat membantu Anda dalam memilih plugin cache yang tepat untuk website Anda. Apabila Anda memilki pertanyaan tentang 6 plugin cache wordpress tercepat, anda dapat tanyakan melalui kolom komentar di bawah

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

Leave a Reply