5 Plugin Keamanan WordPress Terbaik

5 Plugin Keamanan WordPress Terbaik

WordPress merupakan suatu CMS yang sangater terkenal dan banyak digunakan. Banyak developer yang berlomba-lomba membuat plugin dan tema untuk WordPress. Sayangnya, terkadang dapat ditemukan celah keamanan dalam plugin atau tema yang dibuat. Hal ini menyababkan hacker dapat masuk ke situs anda dan meretas situs Anda. Oleh karena itu diperlukan keamanan tambahan pada situs Anda untuk mencegah serangan hacker

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas 5 plugin keamanan wordpress terbaik. Plugin tersebut dapat meningkatkan keamanan wordpress dan dapat mengurangi resiko serangan hacker pada website Anda. Perlu diperhatikan bahwa plugin ini hanya merupakan keamanan tambahan. Keamanan utama dari situs anda tetap tergantung di tangan Anda.

5 Plugin Keamanan WordPress Terbaik

  1. Wordfence Security

    Plugin Keamanan WordPress Terbaik - Wordfence
    Wordfence security merupakan salah satu plugin yang sangat tergenal di wordpress. Plugin ini mempunyai jumlah user lebih dari satu juta orang dan mempunyai rating 4,9/5. Plugin ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan keamanan wordpress Anda. Plugin ini mempunyai fitur malware scanning, IP-Blocking, file-change protection, plugin updater, live traffic monitoring, dan SQL injection protection. Plugin ini juga dapat mencegah serangan brute-force pada wordpress Anda. Wordfence juga mempunyai fitur firewall. yang dapat memblokir bad-request pada website Anda.
    Kelebihan dari plugin ini adalah plugin ini mudah untuk digunakan baik bagi pemula atau pro user. Selain itu plugin ini bisa didapatkan secara gratis. Kelemahan dari plugin Wordfence security ini adalah banyaknya resource hosting yang dibutuhkan.
    Plugin ini juga menyediakan versi bebayar, di mana terdapat tambahan fitur yang dapat dinikmati user, seperti scheduled scanning, country blocking, dan sebagainya.

  2. iThemes Security

    Plugin Keamanan WordPress Terbaik - ithemesIThemes Security merupakan plugin keamanan WordPress yang mempunyai lebih dari 30+ metode proteksi. Plugin ini mengamankan WordPress Anda dari celah keamanan yang seringkali dijumpai. Plugin ini tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan versi bebayar. Dengan membeli versi premium/bebayar, Anda akan mendapatkan hak akses pada semua fitur proteksi keamanan pada plugin ini, seperti Malware Scan Scheduling, Two-Factor auth, User Security Check, Version Management, Password Expiration, dll.
    Dengan versi gratis, Anda tetap mendapatkan banyak fitur yang tidak kalah menarik. Fitur yang Anda dapatkan pada free version diantaranya adalah Security & System Check, Database Backup, Local & Network Brute-Force Protection, File Permission Check, Strong Password Enforcement, File Change Detection, dan sebagainya.

  3. Sucuri Security

    Plugin Keamanan WordPress Terbaik - SucuriSucuri merupakan salah satu plugin keamanan wordpress yang tersedia secara gratis. Plugin ini menawarkan beragam fitur seperti DNS-level firewall, proteksi Brute-Force, Malware Scan & Malware Removal. Plugin ini dapat mencegah serangan SQL Injections, RCE, RFU,XSS dan celah keamanan umum lainnya. Plugin ini melakukan proses scanning pada setiap traffic pada website Anda untuk mendeteksi adanya serangan/malware. Selain itu plugin keamanan wordpress ini juga melakukan logging/pencatatan terhadap semua aktivitas situs, misalnya saat admin melakukan login, user login, dan sebagainya.
    Kekurangan dari plugin ini adalah fitur yang cukup terbatas pada free versionnya. Apabila Anda ingin mendapatkan proteksi maksimal, Anda dapat membeli versi premium/bebayar dari plugin ini. Anda akan mendapatkan banyak fitur bagus yang dapat meningkatkan keamanan WordPress Anda.

  4. All in One WPSecurity & Firewall

    Plugin Keamanan WordPress Terbaik - All in One WP Security
    All In One WP Security & Firewall adalah plugin yang cukup terkenal di kalangan pengguna WordPress. Kelebihan dari plugin ini adalah tampilan UI yang bagus dan mudah untuk digunakan. Plugin ini cocok digunakan bagi pengguna yang baru mulai menggunakan wordpress. Fitur dari plugin ini antara lain adalah brute-force protection, database auto-backup, proteksi terhadap user login & registration, Filesystem check, Firewall, dll.
    Salah satu fitur yang saya suka adalah tampilan security meter yang terdapat pada menu dashboard pada plugin ini. Anda akan melihat security meter (seperti speedometer) dari situs WordPress Anda. Semakin tinggi security meter, maka semakin bagus pula keamanan situs dari WordPress Anda.

  5. Bulletproof Security

    Plugin Keamanan WordPress Terbaik - bulletproofBulletproof security merupakan plugin wordpress yang dapat mengamankan WordPress Anda dari serangan  XSS, RFI, CRLF, dan SQL injection. Plugin ini memodifikasi file default .htaccess WordPress sehingga WordPress akan lebih aman. Plugin ini menyediakan fitur antara lain adalah .htaccess protection, m-scan (Malware Scanner), jtc-lite (Captcha), login security, Database Backup, dll.
    Salah satu kekurangan dari plugin ini adalah tampilan UI Frontend yang kurang menarik. Selain itu tampilan UI juga agak membingungkan bagi user yang masih pemula.

 

Itulah 5 plugin security terbaik berdasarkan analisa kami. Kami menyarankan Anda untuk memasang plugin keamanan wordpress terbaik ini pada situs Anda sehingga website Anda akan lebih aman dari serangan hacker. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan memasang kelima plugin keamanan wordpress tebaik tersebut. Gunakanlah plugin yang menurut Anda terbaik dan termudah untuk digunakan. (Apabila Anda menggunakan semuanya, maka situs WordPress Anda akan sangat lambat dan akan ada kemungkinan bahwa terjadi crash/bentrok antar plugin).

Demikianlah artikel tentang daftar 5 plugin keamanan wordpress terbaik untuk situs Anda. Apabila Anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel 5 plugin keamanan wordpress terbaik ini, atau jika Anda punya masukan/rekomendasi, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah.

 

 

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

Leave a Reply