Penjelasan Mengenai Pro-Rata Billing

Penjelasan Mengenai Pro-Rata Billing

Halo sahabat setia HostingTermurah.net! Saat ini kita akan membahas sedikit mengenai sistem billing yang kita terapkan pada VPS SGGS. Pada VPS Singapore SGGS, Kita menerapkan sistem billing yang disebut dengan Pro-rata billing. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan pro-rata billing itu? Kita akan membahasnya secara mendetail sehingga anda akan memahami penjelasan mengenai pro-rata billing dari kami.

Penjelasan Mengenai Pro-Rata Billing - 1

Penjelasan Mengenai Pro-Rata Billing

Pro-Rata Billing adalah suatu sistem metode billing yang membandingkan proporsi jumlah bagian/fraksi yang didapatkan dengan keutuhannya. Pro-rata billing menerapkan prinsip perbandingan dalam matematika. Semakin besar jumlah yang didapatkan, maka semakin besar pula biaya yang harus dibayar. Sebaliknya, semakin sedikit jumlah yang didapatkan, maka akan semakin sedikit pula biaya yang harus dibayarkan.

Inilah analogi/contoh yang dapat memberikan penjelasan mengenai pro-rata billing:

Suatu hari anda dan 3 teman anda pergi makan pizza. Anda dan teman-teman anda memesan sebuah pizza untuk dibagikan bersama. Harga pizza tersebut adalah 100.000. Setelah menunggu beberapa waktu, pizza anda matang dan disajikan oleh pelayan. Pizza tersebut dipotong oleh restoran tersebut menjadi 10 potong.

Karena anda merasa masih kenyang, anda hanya mengambil 1 potong pizza. Teman anda sangatlah lapar. Teman pertama anda mengambil 5 potong pizza. Sedangkan teman kedua anda mengambil 2 potong pizza. Teman keempat anda mengambil 2 potong pizza. Saat di kasir, pasti anda tidak akan mau jika harus menanggung semua biaya pizza! Karena anda hanya mengambil 1 potong pizza, maka tidak mungkin jika disamakan dengan orang yang mengambil 5 potong pizza. Seharusnya anda membayar 1/10 dari harga pizza. Dan teman anda yang mengambil 5 potong harus membayar 5/10 dari harga pizza! Inilah yang dimaksud dengan pro-rata billing. Karena anda hanya mengambil 1 bagian dari total 10 potong, maka anda juga akan membayar 1/10 dari harga pizza. Demikian juga dengan teman anda yang mengambil 5 potong, maka dia juga akan membayar 5/10 dari harga pizza.

Sistem billing inilah yang kami terapkan pada VPS Singapore SG.GS kami. VPS SGGS ber pro-rata billing pada tanggal 1. Artinya adalah tanggal berapapun anda order, masa aktifnya akan habis pada tanggal 1. Misalkan anda order tanggal 7, maka VPS akan aktif sampai tanggal 1. Disinilah sistem pro-rata billing berlaku. Karena VPS anda hanya aktif selama 23 hari, maka anda hanya perlu membayar 23/30 dari harga VPS.

Bagaimana Jika saya order tanggal 28? Apakah VPS hanya akan aktif selama 2 hari?

Tidak! Jika anda order tanggal 28, VPS anda akan aktif sampai tanggal 1 dua bulan depan. VPS anda akan aktif selama 32 hari. Disini anda akan ditagih biaya sebesar 32/30 dari harga VPS. Pada sistem billing kami, VPS akan menjadi aktif hingga tanggal 1 dua bulan kedepan jika anda order setelah tanggal 15. Di bawah ini adalah contoh penjelasannya:

  • Misalkan anda membeli VPS pada tanggal 3, maka masa aktif VPS anda adalah sampai tanggal 1 bulan berikutnya (28 hari masa aktif). Anda juga hanya dikenakan biaya sebesar 27 hari (27/30  x harga VPS)
  • Misalkan anda membeli VPS pada tanggal 10, maka masa aktif VPS anda adalah sampai tanggal 1 bulan berikutnya (20 hari masa aktif). Anda juga hanya dikenakan biaya sebesar 20 hari (20/30  x harga VPS)
  • Misalkan anda membeli VPS pada tanggal 15, maka masa aktif VPS anda adalah sampai tanggal 1 dua bulan berikutnya (45 hari masa aktif). Anda juga hanya dikenakan biaya sebesar 45 hari (45/30  x harga VPS)
  • Misalkan anda membeli VPS pada tanggal 20, maka masa aktif VPS anda adalah sampai tanggal 1 dua bulan berikutnya (40 hari masa aktif). Anda juga hanya dikenakan biaya sebesar 40hari (40/30  x harga VPS)

Jadi masa aktif VPS tidak sepenuhnya 1 bulan, namun begitu juga dengan harga yang anda bayarkan, tidak sepenuhnya 1 bulan. Jika masa aktif VPS anda 20 hari, maka anda hanya perlu membayar 20/30 dari harga vps. Hal ini akan menyebabkan harga VPS berbeda-beda setiap harinya.

Pada sistem pro-rata billing kami, inilah peraturannya

  • Untuk pembelian sebelum tanggal 15, akan dikenakan biaya hingga akhir bulan
  • Untuk pembelian setelah tanggal 15,  akan dikenakan biaya hingga 1,5 bulan berikutnya

Demikianlah penjelasan mengenai pro-rata billing. Semoga penjelasan mengenai pro-rata billing dapat membuat anda lebih paham mengenai sistem billing kami. Jika anda mempunyai pertanyaan tentang penjelasan mengenai pro-rata billing, anda dapat menanyakannya melalui kolom komentar di bawah

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

Leave a Reply