Cara Menambahkan Domain di Webuzo

Cara Menambahkan Domain di Webuzo

Pada kondisi default setelah selesai instalasi Webuzo, hanya terdapat satu domain yang terpasang pada Webuzo. Namun jangan khawatir, Anda masih dapat menambahkan domain tambahan ke dalam Webuzo. Dengan kata lain, dalam satu VPS/Server, Anda bisa membuat banyak website dengan domain yang berbeda-beda. (Misal: www.domainsaya.com, www.inilahwebku.com dan www.webmilikku.com dapat dihost pada satu VPS yang sama)

Mengapa Perlu Menambahkan Domain di Webuzo?

Dengan menambahkan domain di Webuzo, Anda tentu telah melakukan penghematan. Karena Anda tidak perlu beli 3 VPS untuk 3 website yang Anda miliki. Anda cukup menggunakan 1 VPS untuk 3 website yang berbeda-beda. Jadi Anda telah menghemat pengeluaran Anda seharga 2 VPS

Di samping itu, dengan mempunyai beberapa domain dalam satu VPS, Anda akan lebih mudah mengatur website-website Anda. Anda tidak perlu login ke server yang berbeda-beda untuk mengatur web yang anda miliki. Cukup dengan mengakses satu server, Anda dapat mengatur ketiga website Anda.

Tutorial Cara Menambahkan Domain di Webuzo

  1. Login ke panel Webuzo yang telah Anda install sebelumnya. (dengan mengakses http://ipvps:2002 pada browser)
    NB: Ganti ipvps dengan IP Address VPS Anda (Misal: http://45.77.102.57:2002)
    Cara Menambahkan Addon Domain di Webuzo - Halaman Login
  2. Klik menu “Add Domain” (terdapat di subkategori domain)
    Cara Menambahkan Addon Domain di Webuzo - Menu Add Domain
  3. Isikan form sebagai berikut:
    • Domain: Masukkan dengan alamat domain yang ingin ditambahkan.
    • Is Domain Addon or Parked?: Centang.
    • Domain Path: Biarkan dalam kondisi default. Direktori tersebut adalah tempat di mana Anda harus mengupload file website Anda.
    • IP Address (Optional) : Kosongkan saja
    • Mail Validation records (Optional): Centang
    • Issue Let’s Encrypt certificate: Centang Jika Anda ingin menggunakan SSL Gratis Let’s Encrypt
      Cara Menambahkan Addon Domain di Webuzo - Isi Form
  4. Jika semua sudah terisi, tekan tombol “Add Domain”
  5. Sekarang pastikan Anda mengarahkan Name Server domain yang ingin Anda tambahkan ke Webuzo. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara mengatur nameserver domain untuk Webuzo, Anda dapat mengikuti tutorial berikut:
    Jika Anda ingin tetap menggunakan DNS Manager Domain Provider, Anda juga dapat Menghubungkan Domain Ke Webuzo Tanpa Mengganti Name Server.
  6. Selesai! Anda telah berhasil menambahkan domain addon di Webuzo. Sekarang Anda hanya perlu menunggu sampai domain terpropagasi. (Tunggu maksimal 2×24 jam)

Demikianlah tutorial cara menambahkan domain di Webuzo. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin menambahkan addond domain. Jika Anda mempunyai pertanyaan mengenai tutorial ini atau jika Anda mengalami kendala saat menambahkan domain, Anda dapat menanyakannya melalui kolom komentar di bawah.

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

One thought on “Cara Menambahkan Domain di Webuzo

    Leave a Reply