Cara Menambah dan Mengganti Port Squid Proxy

Cara Menambah dan Mengganti Port Squid Proxy

Halo Pelanggan HostingTermurah! Semalam saya banyak ditanya pelanggan saya tentang bagaimana cara menambah dan mengganti port quid proxy. Oleh karena itu saat ini saya akan membahas cara menambah dan mengganti port squid proxy. Squid proxy itu sendiri merupakan sebuah software/aplikasi dalam VPS server yang berfungsi sebagai proxy server. Proxy server mempunyai banyak fungsi dan kegunakan, misalnya chacing, filtering, content sharing, dan lain-lain.

Dalam penggunaan squid proxy, terkadang kita perlu menambah atau mengganti port squid proxy tersebut. Hal itu biasanya dikarenakan ada kepentingan tententu yang mengharuskan penggunaan port terentu. Oleh karena itu kita perlu mengganti port squid proxy tersebut. Selain diganti, kita juga dapat menambah port squid proxy. Squid Proxy dapat running lebih dari 1 port (Misalnya di port 8888, 8080, 80, dll)

Squid proxy dapat digunakan dengan berbagai metode. Misalnya jika anda menggunakan HTTP Injector, anda hanya perlu menginput IP VPS dan port squid proxy pada VPS Bapak. Anda tidak perlu banyak mensetting di server side. Setelah memberikan penjelasan singkat, langsung saja saya bahas tutorial cara menambah dan mengganti port squid proxy.

Video Tutorial Menambah & Mengganti Port Squid Proxy

Di bawah ini saya sertakan  video tutorial dari artikel ini (untuk debian 7). Apabila Anda mengalamai masalah saat memutar video pada website kami, Anda dapat membukanya melalui youtube dengan cara menekan di sini

Tutorial Cara Menambah dan Mengganti Port Squid Proxy.

  1. Login ke server dengan menggunakan putty/connectbot.
    (Tutorial login ke VPS dengan komputer dapat anda lihat di sini. Sedangkan cara login ke VPS dari HP android dapat anda lihat di sini)
  2. Ketikkan perintah di bawah untuk mengedit config squid proxy dengan text editor
    Untuk OS Debian:

    nano /etc/squid3/squid.conf

    Untuk OS Centos:

    nano /etc/squid/squid.conf
  3. Cari tulisan http_port dengan cara menekan tombol arrow bawah pada keyboard
  4. Asumsikan anda ingin menambah port 3128 pada squid proxy, tambahkan tulisan http_port 3128 di bawah http_port 80 (lihat screenshot).
    Cara Menambah dan Mengganti Port Squid Proxy - Step 1
    NB: Anda dapat memasukkan angka/port berapapun selama port tersebut tidak bentrok/tidak sedang digunakan untuk aplikasi lain seperti dropbear,openssh,openvpn,dll
  5. Jika anda ingin mengganti port squid proxy, anda dapat mengganti angka di belakang tulisan http_port.
    Contoh: kita ingin mengganti squid proxy port 8080 menjadi port 8888, maka kita harus mengganti tulisan http_port 8080 menjadi http_port 8888 (Lihat Screenshot)
    Cara Menambah dan Mengganti Port Squid Proxy - Step 2
  6. Save text editor dengan cara menekan tombol CTRL + X, ketik Y, lalu tekan Enter
  7. Terakhir, kita harus restart squid proxy agar perubahan yang kita lakukan dapat diimplementasikan. Caranya dengan mengetik perintah:
    Untuk Debian:

    service squid3 restart

    Untuk Centos:

    service squid restart

    Cara Menambah dan Mengganti Port Squid Proxy - Step 3

  8. Jika sudah, cek apakah squid sudah berjalan pada port yang diinginkan dengan cara mengetik perintah:
    netstat -ntulp | grep squid

    Cara Menambah dan Mengganti Port Squid Proxy - Step 4
    NB: Angka yang diberi tanda panah adalah port di mana squid proxy berjalan

Demikianlah tutorial cara menambah dan mengganti port squid proxy. Semoga tutorial cara menambah dan mengganti port squid proxy dapat menjawab pertanyaan dan permasalahan anda. Jika anda mempunya pertanyaan mengeai tutorial cara menambah dan mengganti port squid proxy, anda dapat tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih

About the Author
Steven Indarto
A person who loves mathematics, physics and science

Leave a Reply